Candi Muara Takus

candi-muara-takus2-edt-610x250

Salah satu situs peninggalan sejarah di daerah Riau adalah sebuah gugusan candi yang akrab disebut dengan “Candi Muara Takus’ terletak di Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Candi ini juga sudah cukup terkenal baik di dalam maupun di luar negeri.

Menurut pengembara china I-Tsing Candi Muara Takus sangat erat kaitannya dengan kerajaan Sriwijaya dan ia menyebutkan bahwa ibukota Sriwijaya berada disuatu tempat dimana pada tengah tidak telihat bayangan sesorang yang berdiri (kemungkinan terletak tepat di garis khatulistiwa)

Candi Muara Takus Ditemukan pada tahun 1860 oleh Cornet De Groot dimana hasil temuannya dituangkan dalam sebuah tulisan yang berjudul “KOTO CANDI”, setelah ditemukan Literatur dari Cornet De Groot dipublikasikan oleh banyak peneliti dari luar negeri, dari penelitian tersebut terungkap bahwa sesungguhnya kerajaan Sriwijaya berada di Muara Takus Provinsi Riau tidak seperti perkiraan sebelumnya yang berada di Sumatera Selatan.

Letak Candi Muara Takus lebih kurang 150 Km dari kota Pekanbaru, kebanyakan para wisatawan menggunakan transportasi pribadi untuk mencapai lokasi candi. Minimnya transportasi umum dan travel agency yang melayani tujuan ke Candi Muara Takus membuat potensi situs sejarah ini kurang mendapat perhatian. Jika anda tertarik untuk belajar sejarah Candi Muara Takus bisa menjadi situs yang cocok setelah Istana Siak.

Sumber : wisata pekanbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>